Tips Rileks, Latihan Senam Saat Sedang Bekerja

Tips Rileks, Latihan Senam Saat Sedang Bekerja


Kesibukan di kantor sering kali tidak dapat dihindarkan. Apalagi dengan beragam dan bertumpuknya tugas yang hampir selalu bersinggungan dengan dokumen dan kegiatan ketik mengetik membuat para pekerja kantoran:  pria maupun wanita karir, mau tak mau ‘terkunci’ di meja kerja masing-masing. Nah, coba bayangkan dengan kondisi seperti ini bagian tubuh mana saja yang bisa jadi kaku? Sementara dengan kesibukan yang berlangsung mostly dari pagi hingga menjelang petang tersebut, rasanya hampir mustahil yah untuk berolahraga setiap harinya. Hayo ngacung siapa saja yang juga merasakan dilema ini? Usut punya usut, ternyata ada loh beberapa ‘jurus’ olahraga ringan yang dapat dilakukan oleh para wanita karir ataupun pekerja kantoran yang tentunya dengan mempertimbangkan terbatasnya waktu dimiliki sehari-harinya. Dan ternyata sejumlah olahraga ringan ini bahkan bisa kita lakukan selagi kita duduk di meja kantor lho! Yuuk mari kita simak jurus-jurus olahraga ringan ini :-) 

Jurus 1 : Merilekskan leher
Manfaat dari gerakan ini adalah membantu mengurangi ketegangan dan tekanan pada leher. Hal yang perlu diingat, sebaiknya jangan dilakukan sambil membunyikan leher karena dapat berdampak pada kerusakan persendian leher.

Langkah-langkahnya :
  1. Duduk dengan posisi tegak dan tangan lurus ke bawah
  2. Lalu miringkan atau putar kepala ke kanan dan ke kiri secara perlahan dan bergantian
Kurang lebih seperti ini nih :
Jurus 1 

Jurus 2 : Meregangkan bahu
Manfaat : membantu mengurangi kekakuan dan rasa penat pada bagian bahu. Gerakan ini dapat dilakukan beberapa kali sehari, utamanya saat bahu terasa pegal.

Langkah-langkahnya :
  1. 1. Duduk tegak sambil mengangkat pundak ke arah atas hingga mendekati telinga dan tahan selama 5 detik
  2. Turunkan kembali pundak pada posisi normal, kemudian ulangi gerakan tersebut hingga bahu terasa rileks
Jurus 2 

Jurus 3 : Merilekskan daerah punggung
Untuk jurus ini ada 2 cara mudah yang bisa menjadi pilihan :

a. Back side stretch : dapat membantu mengurangi rasa pegal dan lelah di bagian punggung dan bahu, terutama saat terlalu lama bekerja dengan computer.
1. Duduk tegak dan angkat kedua tangan lurus ke atas, dengan telapak tangan yang bertemu.
2. Miringkan tubuh ke arah kiri dan kanan secara perlahan dan bergantian.

Jurus 3

b. Middle back stretch : dapat membantu mengurangi pegal pada bagian punggung, berguna untuk melatih dan meregangkan otot bahu dan lengan atas.
1. Duduk dengan posisi badan tegak dan tangan kanan memegang siku kiri.
2. Kemudian gerakkan dan dorong siku kiri ke arah pundak kanan, tahan selama beberapa detik. Lakukan pula pada siku sebelah kanan
Jurus 3_1 

Jurus 4 : Pergelangan tangan dan jari-jari
Gerakan ini bermanfaat terutama untuk merilekskan tangan dan jari-jari yang bersinggungan langsung dengan aktivitas mengetik. Caranya bisa dengan berhenti sebentar dari mengetik dan memijat jari dan pergelangan tangan selama beberapa menit sehingga tangan sendi-sendi pada jari tangan dapat rileks.
Langkah lain yang bisa dilakukan :
  1. Putarlah pergelangan tangan hingga 10 kali dengan gerakan yang searah jarum jam
  2. Putar kembali sebanyak 10 kali dengan arah yang berlawanan
Jurus 5 : Merilekskan kaki
Gerakan 1:
Manfaat : Merilekskan bagian lutut dan paha serta membantu menghilangkan rasa kaku dan pegal di bagian punggung. Langkahnya :
1. Tekuk lutut sebelah kanan atau kiri, dan pegang menggunakan kedua tangan
2. Bungkukkan tubuh ke arah depan dan dekatkan lutut hingga ke arah hidung

Jurus 5_1 

Gerakan 2: Gerakan ini akan membantu meregangkan sendi-sendi pada bagian paha dan betis.
1. Duduk dengan posisi tubuh yang tegak, kedua tangan bertumpu pada kursi
2. Lalu angkat salah satu kaki atau juga bisa kedua-duanya

Jurus 5_2 

Jurus 6 : Pergelangan kaki
Gerakan ini membantu dalam memperlancar sirkulasi darah dan mencegah kesemutan pada area kaki karena sirkulasi darah yang terhambat. Langkahnya :
  1. Putarlah pergelangan kaki beberapa kali searah dengan putaran jarum jam
  2. Kemudian putar kembali dengan arah yang berlawanan
Selain olahraga ringan seperti di atas, tentunya akan lebih baik untuk dapat meluangkan waktu di akhir pekan atau bagi yang masih sempat sepulang kantor guna berolahraga dengan lebih banyak bergerak tentunya. Oh ya, selain olahraga ringan ini ada juga yang namanya Seven Minutes Workout, yang bisa kamu lakukan juga di rumah. Kalau mau dilakukan di kantor juga bisa sih, hehe. Seven Minutes Workout ini bahkan ada aplikasinya di web (di android ataupun youtube setahu saya juga tersedia), untuk webnya bisa disimak di : http://7-min.com/

So, bagi yang sibuk bekerja bukan berarti jadi alasan untuk tidak berolahraga yah. Selamat mencoba and happy workout from your desk!

Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/574d37a71ee5df57468b4567