Umur Masih 20an bro? Udah ngelakuin ini belom?

Melakukan sesuatu sendirian bukan berarti kamu kesepian lhoo... Ini berbeda jauh dari kesedihan ataupun kehampaan hati (ceilehhh..). Melakukan sesuatu sendiri berarti kamu kuat dan berani. Kadang-kadang setelah kamu baru saja putus cinta atau sudah lama menjomblo, kamu merasa ditinggalkan dan kesepian. Nope. Kamu sendirian bukan karena tidak ada yang mencintaimu atatpun karena kamu nggak punya teman, tapi karena kamu memilih untuk sendiri.
Tentunya ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sendirian, paling tidak sekali dalam hidupmu.


1. Makan di restoran yang super mahal.


Sekali-sekali manjakan diri dengan pergi ke restoran mahal dan duduk di sana untuk waktu yang lama, lalu nikmati. Kamu nggak perlu membagikannya dengan siapa pun. Nyam.


2. Jalan-jalan ke suatu kota tanpa peta.
Jalan-jalan
Jelajahi tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi untuk membuatmu merasa lebih kuat. Siapa yang peduli kalau kamu tersesat atau jalan berputar-putar di tempat yang sama selama tiga jam? Saat tersesat dan akhirnya kamu menemukan jalan benar itu lebih memuaskan daripada mengandalkan GPS-mu.


3. Habiskan satu hari penuh menonton program TV atau film-film favoritmu di tempat tidur.
Nonton tv tempat tidur
Peraturannya cuma satu: kamu turun dari tempat tidur untuk pergi ke kamar mandi atau mengambil makan. Tapi lainnya harus terjadi dalam posisi kamu berada dalam posisi nyaman di tempat tidur, di antara bantal-bantal dan di bawah selimut dengan boneka favoritmu.


4. Tidur telanjang.
Tidr telanjang
Sebelum "membuka diri" dengan pasanganmu, kamu harus merasa nyaman dulu dong dengan dirimu sendiri. Lagipula, tidur telanjang itu banyak manfaatnya lho!. Kamu bakal tidur lebih baik, merasa lebih sensual dan hemat cucian hihihi...


5. Pergi ke konser.
Konser musik
Cari konser band yang kamu suka di area tempat tinggalmu atau cari penyanyo baru yang lagunya kamu suka. Ketika pergi ke konser sendirian, kamu akan menghabiskan lebih banyak waktu mendengarkan musik dan tidak perlu mengkhawatirkan hal lain yang terjadi di sekitarmu.


6. Pergi karaoke.
Karaoke
Beranikanlah dirimu! Pilih tempat karaoke yang tidak pernah kamu kunjungi dan nyanyilah sekuat tenaga dengan hatimu. Pasti lega.


7. Pergi ke spa atau tempat pijat.
 Massage
Merelaksasikan diri tanpa diganggu siapapun: Priceless.

8. Nonton bioskop.
Nonton bioskop
Pengen nonton drama komedi tapi tidak ada yang menyukai film itu? Suka film horor tapi kalau nonton sama temen mereka ribut terus? Gak papa, pergi aja sendiri. Pesan popcorn yang besar untuk dirimu sendiri. Kamu nggak perlu malu saat menangis atau tertawa terbahak-bahak.

9. Duduk di tempat publik dan amati orang.
 Mengamati orang
Terkadang, mengamati kebahagiaan atau kesedihan orang itu sangat menyenangkan. Pergilah ke mall atau tempat yang ramai dan duduk tenang, lalu mulailah mengamati orang. Kamu akan melihat berbagai jenis momen, ada yang manis, ada yang lucu ataupun sedih dan lainnya. Mungkin kamu akan melihat seorang balita berjalan pertama kali, atau sepasang kakek nenek yang masih berjalan bergandeng tangan meski rambut putih telah memenuhi kepala mereka. Biarkan momen-momen itu mengisi dirimu dan kamu akan menyadari betapa hidup ini sangat luar biasa.

10. Masak makanan yang kompleks dan habiskan untuk dirimu sendiri.
Masak
Kamu suka nonton Masterchef? Atau menikmati sebuah masakan di restoran bintang lima? Coba deh cari resepnya dan bereksperimenlah di dapurmu. Setelah jadi, nikmatilah dnegan dirimu sendiri.

11. Tantang dirimu dengan permainan yang sulit.
 Rubik's Cube
Misalnya Teka Teki Silang, Sudoku atau Rubik's Cube. Berkomitmenlah pada dirimu sendiri bahwa kamu tidak akan berhenti sampai permainan itu selesai. Kamu bakal merasa puas dan bangga setelah mencapai penyelesaian itu.

12. Pergi ke gunung atau pantai.
 Ke gunung
Kamu bisa menikmati waktu dengan bertemu orang baru dan melakukan kegiatan favoritmu seorang diri.

13. Minum alkohol di bar.
 Minum alkohol
Emang sih seru buat pergi minum bareng teman, tapi setelah mengalami hari yang panjang dan membuat stres, ada baiknya kamu mencoba melepaskan kegundahan hati dengan minum alkohol sendirian. Tapi jangan sampai mabuk banget ya... Hehe.

14. Coba rutinitas olahraga baru.
 Zumba
Cobalah sesuatu yang belum pernah kamu lakukan, misalnya menari Salsa atau Zumba. Meskipun badanmu sekaku batu dan kamu merasa malu menggerakkan tubuh, kamu harus mencoba menantang dirimu. Pasti terasa sangat membebaskan.

15. Bangun pagi dan lihat matahari terbit.
 Matahari terbit
Carilah tempat yang tinggi, seperti di atas atap atau lantai apartemen paling tinggi. Buatlah usaha agar kamu bisa menikmati pemandangan indah itu seorang diri.

16. Juga matahari terbenam.
 Matahari terbit
Setelah menyelesaikan harimu, segera pergi ke suatu tempat di mana kamu bisa menikmati pemandangan matahari yang paling indah di kotamu. Ini adalah pengingat dan afirmasi yang baik bahwa kamu masih ada di dunia ini.

17. Belilah sesuatu yang mahal.
 Beli mobil
Banyak hal yang bisa kamu beli, khususnya yang akan berguna untuk masa depanmu. Misalnya, mobil atau apartemen atau peliharaan. Punya kepemilikan terhadap suatu benda yang mahal adalah
sebuah jembatan menuju kedewasaan juga. Selain itu, rasanya sangat memuaskan untuk memiliki suatu benda yang benar-benar milikmu.

18. Berendam air hangat dalam waktu yang lama.
Mandi
Nyalakan musik yang menenangkan dan nikmati perasaan nyaman tanpa gangguan.
Sudah siap memulainya?