Perlengkapan Naik Gunung Super Canggih

Di dunia pendakian, berbagai gear canggih pun bermunculan. Perlengkapan naik gunung yang canggih tersebut diciptakan untuk mempermudah pendaki survive di tengah hutan belantara.



Contohnya Suunto Ambit3 Peak Sapphir. Jam tangan multifungsi ini sebaiknya dimiliki oleh para pendaki. Altimeter-sensitivitas tinggi yang ada di jam tangan ini bisa melacak rute pendakian kita. Jika suatu saat kita tersesat saat mendaki, kita bisa menggunakan fitur trackback. Fitur ini secara otomatis akan melacak dan menampilkan rute yang sudah kita lewati. Selain itu jam tangan Suunto Ambit3 dilengkapi dengan fitur standar seperti kompas elektronik, pemantau denyut jantung, dan menunjukkan waktu matahari terbit dan tenggelam.

Bukan hanya Suunto Ambit3 saja, masih banyak perlengkapan naik gunung canggih lain yang bermanfaat di alam bebas. Berikut perlengkapan naik gunung canggih yang harus Anda miliki:

1.Eton Scorpion

perlengkapannaikgunung2
Eton Scorpion merupakan alat multiguna bagi pendaki. Alat serbaguna ini bisa digunakan untuk senter, USB charger, dan pembuka botol. Selain itu, Eton Scorpion juga bisa difungsikan sebagai radio komunikasi. Gear ini diisi ulang menggunakan tenaga surya dan tenaga listrik biasa. Perlengkapan naik gunung yang satu ini dibanderol seharga 50 USD atau kalo dirupiahin menjadi sekitar 650.000 Rupiah.

2.Biolate Campstove

Kompor multiguna yang bisa digunakan untuk mengisi ulang daya ponsel.
Kompor multiguna yang bisa digunakan untuk mengisi ulang daya ponsel.
Jika biasanya Anda menggunakan kompor gas portabel, sekarang terdapat kompor model baru yang memiliki dual fungsi. Perlengkapan naik gunung canggih ini bisa digunakan untuk memasak dan membakar kayu. Selain itu, kompor canggih ini bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel Anda. Sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Sekali memasak, perut kenyang dan baterai ponsel pun terisi.

3. JakPak

Foto ini berasal dari
Jakpak adalah satu paket komplit yang ditawarkan dari sebuah jaket. Jaket waterproof atau tahan air ini bisa digunakan sebagai sleeping bag. Bahkan, jaket ini juga dapat berfungsi sebagai tenda!
JakPak dijual seharga 250 USD atau sekitar Rp 3.500.000,-.

4.Meet Earl Tablet

perlengkapannaikgunung
Meet Earl Tablet biasa dikenal sebagai Backcountry Survival Tablet. Perlengkapan naik gunung satu ini dapat beroperasi dengan baik ketika ponsel tidak dapat digunakan. Dengan sistem operasi Android Jelly Bean 4.1, tablet ini memiliki penghemat daya, e-link screen, GPS yang terintegrasi, sensor cuaca, dan teknologi komunikasi radio.
Alat ini adalah alat yang cukup ampuh untuk menjelajah alam bebas. 

5.Rechargeable LED Headlamp

perlengkapannaikgunung4
Rechargeable LED Headlamp bukanlah headlamp biasa. Headlamp ini merupakan perlengkapan naik gunung yang memiliki daya tahan baterai lebih dari 18 jam. Headlamp ini bisa diisi ulang menggunakan USB. Headlamp ini sangat tangguh karena bisa tetap menyala dalam kondisi ekstrim dan didalam air.
Satu hal yang paling dibutuhkan adalah headlamp ini memiliki lampu SOS Strobe yang bisa digunakan pada keadaan darurat. Headlamp ini dihargai sebesar 150 USD.

6. SteriPen Water Purifier

perlengkapannaikgunung5
Tidak jarang kita kehabisan air ketika sedang dalam pendakian. Sumber mata air belum tentu ada di setiap gunung.
Jika dalam keadaan terdesak dan tidak menemukan satu sumber mata air pun, jalan satu-satunya adalah memanfaatkan genangan air yang ada. SteriPen Water Purifier merupakan perlengkapan naik gunung yang sangat dibutuhkan dalam kondisi mendesak seperti itu karena gear ini bisa digunakan untuk menjernihkan dan memurnikan sinar UV.
Alat ini bisa membunuh lebih dari 99.9% bakteri berbahaya yang terdapat di dalam air.
Harga yang ditawarkan sebesar 90 USD.

7.Heimplanet Tent

perlengkapannaikgunung6
Memasang tenda bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan. Namun, saat musim hujan, memasang tenda membutuhkan banyak kesabaran dan ketekunan.
Jika Anda ingin tenda yang praktis dan mudah dipasang, Heimplanet Tent ini sangat cocok. Anda hanya harus memompa dengan pompa udara dalam beberapa menit. Ketika tenda ini sudah mengembang, tenda ini bisa memuat 2-3 orang. Lebih praktis lagi, tenda ini bisa dilipat dalam ukuran kecil.