Ini Dia Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Android Setelah Diroot

Android merupakan salah satu sistem operasi mobile yang paling populer pada saat ini. Hampir seluruh smartphone saat ini menggunakan Android. Selain gratis, salah satu kelebihan dari Android lainnya adalah kebebasannya dalam mensetup gadget.


Kita bisa dengan leluasa mengatur settingan smartphone sesuai dengan keinginan kita. Bahkan ada satu cara yang membuat kita bisa mengakses bebas Android semau kita yaitu dengan root.

Kebanyakan orang nge rooting smartphonenya karena ingin mengakses secara penuh android mereka. Jadi dengan nge root, kita bisa dengan bebas mengatur smartphone kita contoh seperti menaruh semua aplikasi di SD card eksternal, atau menghibernate aplikasi yang tidak dijalankan, dan banyak lainnya.

Tujuan dari itu semua adalah untuk meringankan beban Android sehingga smartphone bisa terasa lebih cepat dan lancar saat digunakan. Tentu saja dengan aplikasi yang dikhususkan untuk perangkat Android yang sudah diroot.

Berikut ini adalah aplikasi yang dapat mempercepat kinerja smartphone kamu.

#1 Greenify

#1 Greenify - identitas.net

Aplikasi ini sangat sederhana namun sangat efektif juga dalam meningkatkan daya tahan baterai perangkat Android kamu. Kerja dari aplikasi ini sangat simple yaitu menghibernate aplikasi yang anda tidak pakai atau buka. Jadi dengan itu maka daya tahan baterai smartphone kamu juga akan hemat. Aplikasi ini cukup populer sob di Play Store dengan tentu logo seperti daun marijuananya.

#2 ROM Manager

#2 ROM Manager - identitas.net

Kalo kamu mau ngerasain smartphone kamu kaya baru lagi, kamu bisa pake aplikasi ini. Manager ROM ini memberikan kamu semua daftar ROM terkenal yang tersedia untuk smartphone kamu. Jadi kamu bisa download ROM lewat aplikasi ini.

#3 Titanium Backup Root

#3 Titanium Backup Root - identitas.net

Aplikasi ini saat pas buat kamu yang suka menginstall dan menguninstall aplikasi-aplikasi. Dengan menggunakan Titanium backup kamu udah engga perlu khawatir lagi akan kehilangan data kamu saat nanti kamu menguninstall sebuah aplikasi. Karena kamu bisa membackupnya, dan selain untuk membackup data, aplikasi ini juga dapat memberhentikan aplikasi yang sudah kamu tidak pakai lagi.

#4 Trickster Mod

#4 Trickster Mod - identitas.net

Aplikasi ini sungguh mengagumkan, dengan ini kamu bisa mengoverclockan dan mengundervoltkan jadi kinerja smartphone kamu  bisa lebih cepat dari biasanya dan daya baterainya pun terjaga. Selain itu user interfacenya juga mudah dipahami sob.

#5 Smart Booster

#5 Smart Booster - identitas.net

Pernah ngerasain semakin lama smartphone kamu semakin lambat atau tiba-tiba restart saat bermain game? Coba pake Smart Booster sob, karena aplikasi ini bisa mengatur RAM smartphone kamu. Jadi kamu bisa membersihkan RAM smartphonemu dari aplikasi yang tidak terpakai ke aplikasi yang sedang kamu jalankan. Aplikasi ini wajib sob buat kalian yang males nunggu akan kelemotan smartphone kalian hehe.

#6 Root Firewall Pro

#6 Root Firewall Pro - identitas.net

Pernah ngerasain download file yang engga kelar-kelar? Mungkin itu terjadi karena bandwidth data kita terbagi dengan beberapa aplikasi online seperti social media, game, dan lainnya. Makanya kita kadang suka ngerasa kalo saat download atau browsing itu lambat. Dengan Root Firewall kamu bisa memblokir beberapa aplikasi dan memfokuskan sementara internet kamu untuk dipakai ke aplikasi yang sedang kamu gunakan.

#7 Link2SD

#7 Link2SD - identitas.net

Aplikasi ini bener-benar layak diucapkan terima kasih sob. Kenapa? Karena aplikasi ini membantu kita memindahkan data aplikasi yang ada di internal memori ke eksternal. Jadi kinerja Smartphone kita terjaga, karena beban yang ada dalam internal memori sudah dipindahkan ke eksternal.