Cara Membuat Tempat Berlindung Di Alam Liar


Ketika Sob/Sis sedang berpetualang entah itu ke hutan belantara, gurun, tempat yang penuh dengan salju, atau alam liar lainnya, pasti kalian membutuhkan tempat untuk berlindung. Bukan tidak mungkin jika saat berpetualangan nanti terjadi kejadian yang tidak kita duga sebelumnya yang memaksa sob/sis harus bisa bertahan hidup dengan hanya mengandalkan alam.
Berikut beberapa jenis tempat berlindung yang dapat dibuat ketika berada di alam liar..

1. Debris Hut Shelter

Debris Hut Shelter http://www.identitas.net/

Ada beberapa cara untuk membuat Debris Hut Shelter ini, namun secara umumnya adalah sebagai berikut:

1. Carilah posisi yang aman, serta yang banyak menyediakan puing-puing seperti daun-daun kering dan kayu-kayu yang berguna sebagai bahan material dari Debris Hut Shelter ini.

2. Temukan tempat yang dapat menopang kayu utama sebagai atau atau punggung Debris Hut Shelter nanti, atau lebih mudahnya carilah pohon yang mempunya lengkukan yang rendah pada batangnya atau bisa juga pohon yang telah udah ditebang.

3. Bariskan tongkat-tongkat kecil disepanjang kayu punggung dan pastikan jika tongkat-tongkat pendek itu menyentuh tanah.

4. Tambahkan juga tongkat-tongkat kecil diatas dan tegak lurus terhadap tongkat-tongkat kecil yang dipasang sepanjang kayu punggung.

5. Setelah rangka-rangkanya selesai, maka tumpuklah sampah-sampah atau puing-puing yang sudah dikumpulkan, usahakan menggunakan sampah yang kering dan setelah itu tumpuklah sampah-sampah itu menggunakan kayu agar sampah tidak berjatuh-jatuhan ketika terkena angin nanti.

6. Jangan lupa untuk menyediakan lubang yang berfungsi sebagai pintu masuk nanti


2. Desert Shelter

Desert Shelter http://www.identitas.net/

Desert Shelter ini berguna sebagai tempat berlindung dari panasnya matahari yang bertujuan untuk menghindari dehidrasi akibat terlalu banyak cairan yang keluar dari tubuh, dan dapat juga dijadikan tempat berlindung dari dinginnya gurun di malam hari. Ketika sob/sis berpetualang di daerah gurun, hal ini sangat dibutuhkan dalam bertahan hidup.

Cukup mudah dalam membangunnya hanya dengan menggantungkan kain ke beberapa tempat yang tinggi, kalian juga bisa membuatnya dengan cara yang sama dengan membuat tenda perkemahan, atau kalian dapat menggali gurun tersebut lalu membuat sebuah ruangan yang dapat kalian jadikan sebagai tempat belindung.


3. Swamp Bed Shelter

Swamp Bed Shelter http://www.identitas.net/

Jika sob/sis sedang berpetualang di hutan belantara, dan saat itu sob/sis tersesat di daerah yang berlumpur atau daerah rawa dan sob/sis pun butuh tempat untuk beristirahat. Tidak mungkin kan jika kita membangun tenda yang biasa di daerah yang berlumpur karena kita tidak akan bisa beristirahat dengan nyaman karena tanahnya sendiri lunak berair.

Swamp Bed Shelter inilah solusi dari masalah tersebut, kita dapat beristirahat dengan baik diatas tanah yang berlumpur atau tanah rawa. Berikut cara membangun Swamp Bed Shelter..

4. Snow Cave

Snow Cave http://www.identitas.net/

Inilah salah satu alasan kenapa suku eskimo dapat hidup di daerah bersalju. Jika sob/sis ingin menjelajahi daerah yang dingin penuh dengan salju, hal ini benar-benar sangan kalian butuhkan untuk bertahan hidup. Kalian harus membuat atau lebih tepatnya menggali gua salju. Karena gua ini membuat kalian hangat ditengah-tengah kumpulan salju-salju.