Beginilah Bentuk Sebenarnya Dari Sinyal Wifi

Sebenernya bentuk sinyal WiFi itu kaya apa sih? Kok dia bisa yaa, bikin perangkat-perangkat kita jadi tersambung di Internet tanpa butuh kabel lagi.


Mungkin itu pertanyaan yang konyol, tapi gue jamin banyak di antara kalian yang emang belum tau bentuk sinyal Wifi tuh kaya gimana. Padahal hampir disemua tempat yang rame atau bahkan rumah kalian sendiri udah ada Wifi itu tapi kita tetep aja masih engga tau bentuk dari sinyal wifi.

Nah, karena hal ini juga salah satu Universitas yang ada di kota Newcastle, Inggris mengadakan penelitian yang dinamakan dengan "Touch Research Project" dan hasil dari penilitian ini mereka sebut dengan "Light Painting WiFi".

Mereka membuat sebuah sensor yang canggih beserta dengan kamera untuk menangkap sinyal WiFi dan hasilnya terlihat kumpulan-kumpulan cahaya yang memiliki pola tampak seperti gaya fotografi dengan modus bulb.

Proyek WiFi ini menggunakna fotografi long exposure dalam hubungannya dengan sensor RSSI agar bisa memvisualisasikan sinyal WiFi yang selama ini tidak terlihat. Sang kreator menjuluki gambar-gambar yang dihasilkan dengan istilah ‘digital ethereal’.

Gambar yang terlihat pada foto tersebut diambil pada sebuah ruangan terbuka atau studio tertutup, disitu terlihat jelas adanya perbedaan bagaimana sinyal WiFi tersebut bergerak dan menyebar keluar.

Foto yang diambil oleh studio tersebut memperlihatkan sinyal WiFi bisa bergerak berdasarkan interaksi objek. Warnanya bergerak dari biru untuk menunjukan sinyal yang lemah, hingga ke warna merah yang menunjukan sinyal yang kuat.

Berikut ini adalah beberapa gambar sinyal Wifi hasil dari penelitian tersebut.

Bentuk sinyal wifi - 1 - identitas.net

Bentuk sinyal wifi 2 - identitas.net

Bentuk sinyal wifi 3 - identitas.net

Bentuk sinyal wifi 4 - identitas.net

Bentuk sinyal wifi 5 - identitas.net

Bentuk sinyal wifi 6 - identitas.net

Bentuk sinyal wifi 7 - identitas.net

Bentuk sinyal wifi 8 - identitas.net

Bentuk sinyal wifi 9 - identitas.net

Bentuk sinyal wifi 10 - identitas.net