Bagaimana Cara Menghilangkan Virus Shortcut Pada Flashdisk / Hardisk PC

Hardisk atau terutama Flashdisk (USB) sangat rentan terkena virus. Apalagi kalo flashdisk kita udah pernah kita pake ke komputer-komputer publik (rame-rame) kaya lab komputer sekolah atau warnet. Udah kita pasti nanti langsung cepet-cepet scan flashdisk kita dirumah nanti haha.


Salah satu virus yang paling kampret adalah "Virus Shortcut" yang tiba-tiba ada di flashdisk atau hardisk kita, padahal kita copynya juga kapan tiba-tiba si dia nongol.

Dan yang lebih ngeselinnya lagi itu, kalo si Virus ini bikin banyak saudaranya atau istilahnya kloningan dia. Jadi yang tadinya cuma satu tiba-tiba jadi ada 3 atau lebih, terus kalo dihapus pasti nanti dia bakal balik lagi walaupun kita udah pake antivirus sekalipun.

Virus-virus ini bener-bener ngeganggu sob, bukan cuma ngehambat kinerja flashdisk atau hardisk kita tapi bisa bikin flashdisk / hardisk kita jadi engga berfungsi.

Hari ini ane bakal ngasih tau kalian sob bagaimana caranya menghapus / menghilangkan virus shortcut ini.

#Cara Pertama: Menggunakan CMD (Command Prompt)

Cara Pertama: Menggunakan CMD (Command Prompt) - identitasnet

  • Bukalah CMD (Command Prompt) dengan cara menekan tombol Windows + R lalu masukan huruf CMD dan tekan enter.
  • Setelah itu masukan perintah ini pada CMD kalian sob "attrib : * * / d / s -h -r -s." (Perhatikan! Tanpa tanda petik, Ganti huruf "drive USB Anda" dengan nama USB atau Hardisk kalian). Lihat pada gambar di bawah ini

Cara Pertama: Menggunakan CMD (Command Prompt) - identitasnet

  • Sekarang tunggulah beberapa saat sampai perintah di CMD kalian selesai. Setelah itu selesai dengan sukses maka Virus Shortcut yang ada di flashdisk atau hardisk kalian bakal hilang.

#Cara Kedua: Menggunakan Software Penghapus Virus Shortcut

Cara Kedua: Menggunakan Software Penghapus Virus Shortcut - identitasnet

Jika kalian masih bingung dengan cara yang pertama dan ingin cara yang lebih mudah. Maka kalian harus terlebih dulu mendownload software penghapus virus shortcut.

Disini ane pake nyoba USBFIX sob, sebelum lanjut ke cara gimana menggunakan USBFIX. Ane mau ngejelasin sedikit tentang fitur-fitur yang ada di USBFIX.

USBFIX merupakan salah satu software pembasmi virus shortcut yang popular, karena di USBFIX terdapat fitur Repair, Backup, Prevention.
  1. Fitur Repair di USBFIX sendiri berguna untuk memperbaiki file-file kamu yang sudah terserang virus itu sob. Jadi singkatnya file-file kamu yang berubah jadi registry bisa kembali jadi semula seperti foto, video, document dan lainnya.
  2. Selain terdapat fitur Repair, di USBFIX juga ada fitur Backup yang berfungsi untuk membackup atau membuat cadangan file-file kamu di C:\UsbFix\Quarantine. Jadi kamu bisa balikin lagi file-file yang sudah kamu hapus sob.
  3. Dan terakhir fitur Prevention, tidak hanya memperbaiki dan membackup file kalian sob, USBFIX juga memberikan perlindungan agar flashdisk dan hardisk kalian tidak terkena virus shortcut lagi dengan fitur Preventionnya.
Berikut ini cara menggunakan USBFIX :

  • Download software USBFIX di komputer kalian. (Kalian bisa download USBFIX disini)
  • Install, kemudian restart komputer kalian sob
  • Setelah itu masukan flashdisk atau hardisk kalian yang terkena virus, dan klik tombol "Clean"

Berikut ini cara menggunakan USBFIX  - identitas.net

  • Lalu tunggu hingga proses pembersihan selesai, setelah selesai restart kembali komputer kalian dan setelah itu coba pasang kembali flashdisk / hardisk kalian yang terkena virus tadi. Dan lihat bagaimana hasilnya.