9 Gadget Jadul Ini Bisa Menyelamatkan Agan!


Hari ini, hidup kita dikelilingi oleh berbagai macam perkakas dan gadget. Seharusnya alat-alat tersebut membuat hidup Anda menjadi lebih mudah dan menyenangkan bukan?
Akan tetapi, bagaimana jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan? Kebakaran, pencurian, kecelakaan, atau bencana alam?
Dalam situasi seperti ini, Anda mungkin memerlukan beberapa perangkat yang (meskipun terlihat sederhana dan tak terlalu sering digunakan) bisa jadi akan menyelamatkan nyawa Anda dan keluarga. 

1. Senter
Sebagian kita tentu memiliki senter di rumah, diletakkan di suatu tempat. Senter dapat membantu Anda saat terjadi pemadaman listrik, misalnya. Masalahnya adalah bahwa kebanyakan dari kita teledor menaruhnya susah dicari sehingga saat dibutuhkan. Jika ada, mungkin baterainya juga telah habis.
Yuk, mulai sekarang simpan senter Anda di tempat yang mudah dijangkau dan jangan lupa, isi penuh baterainya ya!
flashlight


2. Radio
Well, ini memang tahun 2015. Namun keberadaan radio terutama radio analog bisa menjadi alat untuk mendapatkan informasi yang terakhir saat jaringan telepon  dan internet putus. Apalagi jika lokasi Anda menjadi terisolasi karena bencana alam misalnya. 
Jadi, jangan lupakan radio. Bersama sebotol air mineral dan makanan yang tahan lama, ketiga barang tersebut mungkin akan menyelamatkan hidup Anda!
radio


3. Alarm Pencuri
Alarm pencuri akan membuat rumah Anda, -dan juga Anda sendiri-, menjadi aman. Dengan mengaktifkannya sebelum Anda meninggalkan rumah, seluruh lingkungan akan tahu jika ada orang jahat akan masuk ke rumah Anda. Apalagi jika alarm terhubung dengan pihak keamanan bukan?

4. Detektor Asap
Sebuah detektor asap adalah alat sederhana dan tidak memerlukan perawatan khusus, kecuali penggantian baterai dalam kurun waktu tertentu. Detektor asap telah menyelamatkan tak terhitung nyawa khususnya dalam kasus kebakaran.

5. Timer (Pengatur waktu)
Ada beberapa jenis timer dijual di pasaran. Yang paling umum adalah yang langsung dicolokkan ke stop kontak, atur rentang waktu yang dibutuhkan, kemudian colokkan perangkat listrik di atas timer tersebut. Maka jika waktu yang ditentukan telah habis, otomatis timer akan memutus aliran listrik ke perangkat Anda.
Dengan cara kerja seperti ini, Anda bisa terhindar dari lupa mematikan kompor listrik, perbus botol bayi, dan mesin-mesin yang membutuhkan energi listrik lainnya. 
timers


6. Plug pengaman
Bagi Anda yang memiliki anak kecil, sangat riskan terkena sengatan listrik akibat colokan yang terbuka. Produk plug pengaman yang dipasangkan pada stop kontak dapat membantu Anda menjauhkan anak dari resiko terkena listrik
safetyplugs


7. telepon rumah
Menyebut telepon rumah di jaman seluler seperti ini mungkin terdengar kuno.
Namun orang tampaknya lupa bahwa jaringan mobile jauh lebih rentan dibanding sambungan telepon. Contohnya jika terjadi cuaca ekstrim. Jika Anda tidak memiliki jalur telepon kabel, Anda mungkin tidak dapat berkomunikasi ke dunia luar, dan melakukan panggilan darurat.

8. Alarm Pintu Magnetik
Bagi Anda yang tak ingin menginstal sistem alarm rumit, pernagkat ini bisa jadi alternatif.
Alat ini memiliki dua bagian, satu dipasang pada kusen pintu dan satu lainnya di pintu itu sendiri. Ketika alarm ini diaktifkan dan ada seseorang membuka pintu, maka alat ini akan menghasilkan suara yang keras! Dijamin, alat ini akan mencegah orang yang tak berhak memasuki rumah Anda!
magneticdooralarm


9. Aplikasi dan Kontrol PC
Urutan ke 9 ini mungkin bukan sebuah gagdet, tapi layak untuk dimasukkan dalam hal-hal yang bisa menyelamatkan Anda dan keluarga. Komputer keluarga tidak hanya digunakan oleh orang tua, namun juga anak-anak. Untuk menghindarkan mereka dari bahaya dunia maya seperti pornografi, kekerasan, penipuan dan penculikan, sebaiknya Anda memasang software parental control di PC. Jika memiliki sebuah PC dengan sistem operasi Windows, Anda bisa melakukan pengaturan parental control melalui sistem login dan "User account family safety".
Jika anak Anda sudah mulai berselancar di dunia maya, Anda bisa mengaktifkan fitur Google SafeSearch lock. 

Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/5714061414088dcc4a8b4567