5 Hal Penting Tentang Kepemimpinan


Kepemimpinan seringkali diidentikkan sama posisi yang begitu tinggi. Saking tingginya gan hingga seolah sangat jauh untuk bisa diraih sama banyak orang. Setinggi itukah gan? Untuk lebih jelasnya mari kita kupas gan lima hal penting tentang kepemimpinan yang perlu kita tahu.

1. Seorang pemimpin adalah orang yang punya visi
Agan punya visi? Punya ide? Gagasan? Seorang pemimpin adalah orang yang mempunyai visi yang jelas gan. Dengan visi yang jelas itu dia tahu akan di bawa kemana timnya, goals atau tujuan apa yang ingin dicapai, serta dengan cara apa tujuan tersebut bisa tercapai.

2. Seorang pemimpin mampu berbagi visi
Punya visi bukan berarti the job is complete gan. No! Big no! Misi berat selanjutnya adalah bagaimana seorang pemimpin mampu mengkomunikasikan visinya tersebut ke tim yang dipimpinnya gan. Enggak cukup seorang pemimpin sendiri yang yakin dan paham ke arah mana akan menuju namun juga harus mampu untuk meyakinkan bahwa visi tersebut worth it untuk dicapai dan diusahakan, dan it is possible to make it happen!

3. Pemimpin mengembangkan tim
Tidak hanya fokus mengembangkan diri sendiri. Kondisi ideal dalam sebuah tim adalah saat terciptanya sebuah lingkungan yang mendukung untuk terus berkembang gan. Peran developing nyata pada sosok pemimpin hingga setiap anggota termotivasi dan mampu mengeluarkan potensi terbaiknya.

4. Seorang pemimpin mampu menjadi teladan
Tidak cukup serangkaian kata bijak dan meyakinkan, seorang pemimpin dituntut untuk mampu membuatnya sinkron sama tindakan nyata. Salah satu hal terberat dari seorang pemimpin adalah harus mampu menjadi orang pertama yang mampu memeberikan contoh. Mampu mensinergikan antara lisan dan perbuatan gan. Tak ada pemimpin yang dihargai saat menuntut anggotanya datang on time tapi dia sendiri tiap ngantor atau tiap rapat selalalu terlambat.

5. Respek itu didapatkan bukan diminta
Pemimpin sejati ga' ngejar apalagi memaksakan rasa hormat gan. Respek merupakan reward yang diberikan secara suka rela atas kerja keras, keteladanan, integritas, dan kemampuan seorang pemimpin dalam menghandle, memotivasi, serta menciptakan lingkungan yang nyaman bagi timnya. Termasuk didalamnya kemampuan pemimpin untuk bisa respek juga ke anggotanya.

Itu gan lima hal di atas seputar kepemimpinan. Sudah ada di kita semua? Kabar baiknya adalah kepemimpinan itu bisa dipelajari bisa dilatih gan. Percaya? Harus percaya! Karena masing-masing dari kita adalah pemimpin setidaknya pemimpin untuk diri kita sendiri. Mau jadi pemimpin seperti apa kita gan? Pemimpin biasa-biasa saja, pemimpin gagal, atau pemimpin yang excellent? Be the Excellent one, Be the excellent leader gan!!