Mungkin Ini Cara Agar Jalanan Lebih Nyaman dan Tertib


Jalan adalah sebuah sarana yang "pasti" digunakan dalam keseharian masyarakat. Kebutuhan akan jalan semakin meningkat seiring dengan semakin berkembangnya sektor ekonomi yang berdampak pada semakin semakin tingginya mobilisasi (perpindahan) manusia dan juga barang dari suatu tempat ke tempat yang lainnya. Namun, semakin hari, jalan yang selalu dipakai ini menjadi tidak nyaman. Penyebabnya sangat bervariasi (saya yakin agan dan aganwati yang biasa menggunakan kendaraan bermotor dalam melakukan rutinitas sehari-hari pasti tahu alasannya), nah berikut adalah pandangan saya bagaimana agar jalanan menjadi lebih nyaman dan juga tertib:

PENGHIJAUAN


Ini adalah salah satu faktor yang membuat berkendara dijalanan menjadi "anteng" kayak layangan. Why?, karena warna-warna yang dimiliki oleh tumbuhan terutama warna hijau pada pohon-pohon membuat penglihatan menjadi lebih sejuk. Tentunya sejuk dimata ini secara ngga langsung membawa rasa menyenangkan tersendiri dari penatnya berlalu-lintas dijalanan.

PENERTIBAN PARKIR LIAR dan TEMPAT NGETEM


Ini juga salah satu hal yang membuat jalanan menjadi tidak nyaman dan tertib. Banyak ruas jalan disekitar JABODETABEK yang dialihfungsikan menjadi tempat parkir dan tempat ngetem angkutan umum. Ironis?, tentu saja.

PENERAPAN BATAS MINIMUM KECEPATAN


Kalau batas kecepatan maksimum berkendara dijalanan, rasanya cukup sering dilihat rambu-rambunya. Namun alangkah baiknya juga apabila ditetapkan batas kecepatan minimum saat berkendara. Saya rasa hal ini penting untuk memperlancar lalu lintas dan juga hal-hal lainnya apabila terjadi pelanggaran aturan lalu-lintas dijalan yang berujung pada kecelakaan.

GUNAKAN SEIN


Jujur aja, ini hal yang paling sering dialami setiap harinya dijalanan. Sebenarnya simple dan cukup mudah dilakukan, hanya dengan menggeser tuas kecil saja untuk memberikan informasi kepada pengendara lain yang ada dibelakang, bahwa kita sedang ingin berbelok/menepi ke salah satu sisi (KIRI atau KANAN). Tapi masih banyak juga pengendara dijalanan yang tidak melakukan hal ini, sehingga membahayakan pengendara lainnya.

SOPAN dan SANTUN DI JALAN


Untuk urusan ini, kembali ke pribadi masing-masing, hormatilah sesama pemakai jalan. Saya sadar dan saya yakin agan dan aganwati disini juga ingin dihargai dijalan. Melihat begitu banyaknya kendaraan yang lalu-lalang setiap harinya dijalan, mustahil tidak pernah sekalipun nyerempet atau nabrak knalpot motor didepannya saat macet. Tidak salah dan tidak sulit untuk meminta maaf jika kita tidak sengaja melakukan hal itu kepada orang lain.

Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/56e9218d9e7404d2778b456e