Buat Kamu Yang Bentar Lagi Bakal Meninggalkan Putih Abu-Abu!


Halo, Gan, yang sebentar lagi akan tamat dari sekolah SMA. Gimana perasaan ente, Gan? Senang? Sedih? Kesal? Marah? Atau ada perasaan yang lain? Sebelum ente pergi dari sekolah, ada beberapa hal yang harus ente perhatikan, Gan, yaitu: tujuan, target, impian, dan lain sebagainya, Gan. Oke langsung aja, ya, Gan?

1. Tujuan kamu setelah tamat ntar, mau ke mana, Gan?

Gan, setelah ente tamat dari sekolah ente, ente mau ke mana, Gan? Ane harap, ente udah mikirin itu baik-baik dan matang-matang, ya, Gan? Entah ente memutuskan untuk kuliah, kerja, atau malah memutuskan untuk langsung menikah? Ingat loh, Gan, jangan sampe ente salah mengambil keputusan, karena akan fatal ujung-ujungnya. Kalau dalam perkuliahan, ikutin aja passion ente, dan ente pun gak akan salah dalam melangkah. Apa yang menjadi hobi ente, ketertarikan ente, kesukaan ente, ambillah itu untuk jurusan kuliahan ente. Tapi ingat ya, Gan, yang positif! Jangan karena ente suka minta duit ke orang-orang, lantas ente mengambil jurusan kepengemisan -_-, gak ada, Brow, GAK ADA!

Trus kalau ente mau langsung menikah, mending pikir-pikir dulu, Gan! Udah bisa berumah tangga atau belum? Penghasilan udah ada, belum? Jangan sampe entar ente menikah, ente makan indomie mulu setiap harinya, Gan, karena gak sanggup beli beras. -_-?

2. Harus punya target, ya, Gan?

Manusia harus punya target, Gan. Alangkah baiknya, mulai sekarang ente sudah mulai membuat target ente. Contohnya nih, target ente wisuda itu 4 tahun, gak lebih, tapi kalau kurang yah syukur. Nah setelah ente mencapai target itu, ente mau ngapain lagi? Trus, apa yang akan ente lakuin lagi setelah target kedua itu telah terjadi, dan butuh berapa lama ente untuk menyelesaikan seluruh target-target ente itu. Trus, kalau misalnya ente memutuskan untuk bekerja, ente juga harus memiliki target, Gan. Termasuk target tempat yang akan ente masuki, berapa lama ente akan kerja di situ, trus, kapan ente bisa mulai untuk membuka usaha sendiri? Semuanya itu, harus terencana secara sempurna, Gan.

Pokoknya, tulis aja dari sekarang, Gan, tentang apa-apa aja target yang ingin ente capai, termasuk menikah, menaik hajikan orangtua, punya usaha sendiri, dll. Ingat loh, Gan, kesuksesan itu diawali dari perencanaan yang baik.

3. Jangan lupa bermimpi, Gan.


Bermimpi? Gak salah? Kagak dong, Gan. Ente juga harus bermimpi, Gan. Karena, dengan mimpi itu, ente bakal jadi lebih bersemangat untuk mencapai cita-cita ente. Ente tau kan kalau ente kuliah entar, ente bakal menghadapi proses perkuliahan. Dan yang harus ente ketahui adalah, yang namanya proses itu, gak ada yang enak. Di dalam proses itu, ente bisa jenuh, bosan, dan akhirnya bisa membuat ente untuk ingin putus kuliah aja.

Atau dalam pekerjaan, ente mungkin akan menemukan rekan kerja yang rese, pekerjaan yang susah, padahal deadlinenya udah mendekat, bos yang gak adil, dan gaji yang gak seimbang, yang akhirnya membuat ente ingin resign aja dari perusahaan neraka tersebut. Nah, untuk mengatasi itu, ente bisa mengingat mimpi-mimpi yang udah ente bayang-banyangin dari dulu itu, Gan, dan dari situ, ente pun bisa menjadi semangat lagi untuk menghadapi proses tersebut. Sekali lagi, Gan, proses itu memang gak ada yang enak.

4. Sahabat, Gan :')

Oke, ane memutuskan untuk memasukan hal ini, Gan. Ente punya temen baik gak di kelas? Atau mungkin ente itu terkenal banget di sekolah, sampe-sampe, ente punya temen deket di kelas-kelas laen. Trus, ente sekarang udah mau tamat, berarti, ente harus siap meninggalkan mereka dengan kegilaan mereka masing-masing itu, dong, Gan? Pertanyaannya: ''Emang ente sanggup, melepaskan si botol kecap yang gokil itu?'' Gan, ane gak pungkiri, teman baiklah yang memberikan kita semangat untuk sekolah, karena canda dan sarapnya tuh oranglah kita bisa menghilangkan stress kita dari pelajaran-pelajaran yang ada di sekolah kita. Dan sekarang, ente harus berpisah sama si cacing pita, itu? Oke, berdoa sajalah untuk 2 hal ini, Gan. Doa pertama, mintalah sama Tuhan agar kalian bisa memiliki minat yang sama, yang akhirnya, kalian pun akan kuliah atau kerja di tempat yang sama. Dan kalau Tuhan gak mengijinkannya, berdoalah, supaya ente gak harus menitikkan air mata ente di saat ente harus berpisah dengan si maling kolor, itu, Gan. Mintalah juga supaya ente bisa sabar, dan mintalah supaya Tuhan memberikan kalian hati yang gak peduli dengan perpisahan kalian nantinya. Karena kalau kalian peduli, kalian akan merasakan, gimana sedihnya melepaskan sesuatu yang berharga, Gan. So, sekarang, ada beberapa bulan lagi, kan, Gan? Walaupun si centong nasi itu, suka utang, dan suka pikun kalau ente nagihin utangnya, dia tetaplah sahabat ente. Hargai dia sekarang ya, Gan. Ente akan bener-bener kangen sama tuh orang, nantinya.

5. Keluarga juga, ya, Gan? :')


Setelah ente tamat sekolah, ane harap ente gak hanya duduk-duduk di kursi goyang, sambil baca-baca majalah Bobo, ya, Gan? Ente yang tinggal di kota, dengan universitas yang baik, ente harus banyak-banyak bersyukur, Gan. Karena, bagi mereka yang tinggal di daerah yang universitasnya standart-standart saja, pasti akan merantau dan mencari universitas yang lebih baik. Atau yang kerja pun begitu. Bersyukurlah kalau kalian bisa mendapatkan pekerjaan yang baik, dan pekerjaan yang tidak menyuruh kalian untuk pindah ke kota, atau malah ke pulau yang lain. Karena kalau itu terjadi, berarti ente harus meninggal keluarga tercinta ente, Gan.

Gan, awal-awal kalian merantau, akan terasa banget loh kangennya sama keluarga. Apalagi sama orangtua. Emak yang tiap hari ngomel-ngomel, eh pas di luar kota, suara itu udah gak terdengar lagi. Yang akhirnya, membuat ente menjadi kangen berat sama emak. Untuk mengatasi ini, yah kalau gak ditelpon, yah ente kudu beliin emak kalian loudspeakers jumbo, Gan. Mana tau emak kalian memiliki bakat menjadi rockers yang terpendam. Jadi pas teriak dan ngomel-ngomel, sampe ke pulau yang kalian tempati, deh.

6. Jangan lupa untuk mempersiapkan diri, ya, Gan?


Gan, karena bentar lagi ente udah mau cabut dari sekolah, berarti sebelum itu, ente harus melewati ujian-ujian dulu, dong? Nah, jangan lupa untuk mempersiapkan diri, Gan! Ente tau, kan, kalau ujian nasional di negara kita ini seseram apa? Bahkan, mungkin kalian akan lebih ketakutan saat mendengar ujian nasional, daripada melihat emak-emak lagi naik matic di depan kalian, yang kalau mau belok, itu hanya beliau dan Tuhan sajalah yang tahu.

Gan, banyak-banyak berserah dan berdoa ya. Doain semoga bocorannya gak telat. *teeetttt* Ehh, maksudnya doain semoga ujian kalian entar bakal lancar-lancar aja. Yah, intinya, kalau kalian mau perjalanan kalian lancar-lancar aja, kalian yah harus isi bensin dulu sebelum berpergian. Sama deh sama ujian nasional. Jangan lupa isi bahan bakarnya, ya, Gan?

Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/56de7f45a09a3923258b4567