Bermain Permainan Anak Tradisional Sungguh Banyak Manfaat dan Cerita

Ane heran, kenapa ya keponakan ane tuh suka banget di depan gadget? Abis itu kalau gadget-nya diambil sama kakak ane atau suaminya pasti keponakan ane itu langsung nangis. Apa emang kalo kayak gitu karena udah dibiasain dari kecil ya gan? Dan ane liat sih kayaknya yang sekarang di depan gadget tuh nggak cuman keponakan ane doang. Banyak banget anak-anak jaman sekarang kalau ane lihat tuh sering di depan gadget. Misalnya aja, ane pernah lihat di tempat makan gitu, ane perhatiin ada anak kecil yang main gadgeet muluu.. Ane pribadi sih ngelihatnya kasihan gan, padahal banyak kejadian seru atau permainan seru yang bisa mereka mainin dan menambah kemampuan mereka. Dan permainan-permainan tradisional gitu menurut ane sih banyak manfaatnya, bisa memperlancar sosialisasi, menambah teman dan juga melatih kompetensi. Dan pasti kalau bermain permainan tradisional itu bisa menambah keceriaan dan cerita yang tak akan pernah bisa dilupakan dan pasti selalu diceritakan terus menerus. 



Beberapa permainan tradisional ini menurut ane banyak banget manfaatnya ketika dimainkan sama anak-anak


Petak Umpet 


Main petak umpet tuh seruu banget, dan ane waktu kecil tuh hobi banget main petak umpet sama temen-temen ane. Tapi ternyata selain keceriaan dan keseruan banyak manfaat lain yang bisa didapatkan dengan bermain petak umpet ini looh. Misalnya aja bisa melatih kecerdikan, kita bakalan mikirin gimana dan di mana kita bisa ngumpet supaya nggak ketahuan. Main petak umpet juga ternyata melatih kita dalam menentukan strategi, ngumpet yang kayak gimana supaya nantinya nggak bakalan ketahuan. Bukan cuma yang ngumpet, buat yang jaga sebenarnya ada juga looh manfaatnya. Kita akan dilatih untuk observasi dan lebih mengenal sifat teman kita. Dengan begitu, tentunya kita akan lebih cepet tau di mana tempat mereka bersembunyi. Ketelitian kita juga bisa keasah gan, soalnya kita harus mencari di mana teman kita bersembunyi dan nggak salah tangkep yang bisa malah jadi "kebakaran".


Galaksin / Gobak Sodor


Galaksin itu permainan tradisional yang bisa melatih kelincahan anak-anak. Soalnya kita harus lihai banget supaya nggak ketangkep sama tim musuh. Nggak cuman itu, main galaksin juga bisa mengasah kerja sama tim kita. Bagaimana kita dan tim saling bekerja sama supaya bisa bikin tim musuh nggak menang. Kayak milih teman mana buat ditempatin di mana, milih teman jadi penjaga di garis depan atau di garis yang paling belakang. Buat strategi kayak gini tentunya akan membuat kerja sama tim kita semakin kompak.

Bermain Kelereng


Banyak yang bilang main kelereng itu cuman modal nyentil doang. Tapi nggak kok gan. Soalnya main gundu tuh juga bisa buat kita berlatih supaya lebih fokus. Dengan begitu kita bisa mengenai tepat sasaran kelereng yang udah kita incar. Main kelereng ini juga bisa melatih kontrol diri. Kita harus tau kapan nyentil sekuat tenaga atau malah pelan aja. Kan jadinya kacau gan kalau mainnya pake emosi. Ntar ada gundu yang deket malah kita sentil kelereng kita sekuat tenaga lagi. Kan jadinya malah nggak kena gan.

Main Congklak


Anak perempuan jaman dulu mana sih yang nggak suka main congklak? Main congklak tuh emang seru banget. Main congklak kan kerjaannya ngitung mulu, jadi pasti bisa buat kita lebih jago matematika gan. Sambil main congklak tuh juga bisa sambil ngelatih kejujuran kita. Kita kan ngitungnya harus jujur nggak boleh curang. Kalo sering main congklak ini mudah-mudahan aja sih kedepannya bisa buat anak-anak tadi jadi pada nggak suka bohong pas udah pada gede.

Membuat Mainan dari Jeruk Bali


Yang ini unik seru sekaligus unik. Kenapa unik? Soalnya kita bisa buat mainan aneh-aneh dari kulit jeruk bali gan. Mulai dari yang mobil-mobilan, kapal-kapalan sampai kayak robot gitu bisa dibuat gan. Anak-anak jadi bisa punya kreativitas yang luar biasa gan. Mereka mikirin bakal jadi apa tuh kulit jeruk bali itu. Dan supaya bisa buat yang lebih bagus dan beda dari temen-temennya yang juga bikin mainan pake jeruk bali. Harus penuh kreasii deh gaan. Terus mainan kulit jeruk bali juga bikin lebih telaten gan. Gimana bikin yang lebih rapi dan nggak acak-acakan. Kan sayang gan kalo udah bagus mainannya tapi nggak rapi. Ntar malah diledekin lagi sama temen-temennya. Tapi sayangnya ane juga udah jarang liat jeruk bali lagi.


Banyaak banget kan gan, manfaat yang bisa kita dapetin dengan main permainan tradisional. Daripada cuman di depan gadget, selain gitu-gitu aja, bosen, juga bisa bikin mata rusak gan. Abis kalo main permainan tradisional juga bisa buat kita lebih punya cerita sama temen-temen yang nggak bakal kita lupain dan malah ngehibur kita waktu ngumpul-ngumpul lagi pas udah dewasa. Mainan ini bakal lebih menambah keceriaan, tawa, dan kebahagiaan. 



Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/56ea89c7582b2e7e2e8b456c