5 Karya Anak Bangsa Dari Barang Bekas Yang Terkenal Di Dunia

Sampah merupakan salah satu masalah yang masih cukup pelik di negara kita ini. Saat ini saja masih sering terjadi kisruh pembuangan sampah akibat menumpuknya barang hasil buangan ini. Setiap tahun di beberapa wilayah di Indonesia juga selalu terjadi musibah banjir dimana sampah dipercaya adalah salah satu terjadinya penyebab bencana.


Seperti yang kita tahu, sebenarnya ada salah satu solusi yang bisa kita gunakan untuk menanggulangi dampak yang ditimbulkan akibat limbah sampah. Di tangan-tangan yang kreatif, sampah yang tidak berguna bisa dimanfaatkan menjadi sesuatu yang bahkan dapat mendatangkan keuntungan. Bahkan beberapa dintara hasil karya tersebut mendapat sejenis pengakuan dan apresiasi yang tinggi hingga tingkat mancanegara. Seperti beberapa karya anak bangsa berikut yang berhasil mendapat perhatian dunia walau hanya terbuat dari barang-barang bekas.

1. Ono Sumarsono
Sejak pertengah bulan ini, seorang pria yang berasal dari Malang ini mulai mendapat perhatian. Hal tersebut karena Ono Sumarsono, begitulah kakek 68 tahun ini dipanggil, telah berhasil membuat kagum netizen dengan hasil karyanya berupa patung kura-kura setinggi 3 meter yang diolahnya dari logam rongsokan.
Cak Ono sendiri ternyata telah cukup terkenal di dunia sebagai salah satu seniman yang sering membuat karya yang menggumkan.


Sebelumnya ia pernah membuat patung logam burung EMU yang kini dipamerkan di Perth, Australia. Cak Ono membuatnya setelah ia diundang secara langsung oleh dua seniman ternama di benua kangguru tersebut. Selain itu karyanya saat ini telah menyebar hingga di 25 Negara baik itu di Benua Asia, Afrika, Australia,maupun Eropa.

2. Anang Hermanang
Mungkin bila setiap orang memiliki pemikiran seperti Bapak Anang, maka dunia ini pasti akan lebih baik dan bebas sampah. Pasalnya, pria ini menunjukkan kepeduliannya pada lingkungan dengan cara mendaur ulang beberapa barang rongsokan menjadi karya yang menjual. Bapak Anang mengaku bahwa ia sering memunguti paku atau sekrup yang ia lihat bertebaran di jalan karena berpikir bahwa hal-hal kecil seperti itulah yang membuat terjadinya pencemaran lingkungan yang besar.


Di tangannya, barang-barang bekas itu dapat menjadi sebuah karya yang mengagumkan. Dengan beberapa barang yang ia kumpulkan, maka jadilah beberapa barang yang berharga hingga belasan juta rupiah. Salah satu karyanya adalah dengan membuat sebuah miniatur kapal dengan memanfaatkan logam-logam bekas.

3. Slamet Riyadi
Krisis moneter yang terjadi pada 1998 bisa menjadi menempatkan banyak orang menjadi sulit. Salah satunya adalah Bapak Slamet Riyadi, seorang pria asal Banten yang ikut menerima dampak dari kejadian ini. Namun bukannya menyerah, memontum ini malah ia gunakan untuk kembali bangkit.


Ide untuk melakukan bisnis ini ia lakukan karena prihatin dengan banyaknya orang menganggur di kampungnya. Berangkat dari kreatifitasnya, Bapak Slamet Riyadi mulai mendirikan pusat daur ulang barang bekas dengan nama Lumintu Recyle Art. Di sini beberapa barang bekas kemudian disulap kembali menjadi beberapa barang kerajinan.

Pada awalnya ia mengalami kesulitan dalam memasarkan hasil karyanya, Bapak Slamet bahkan harus berjalan kaki ke beberapa pusat keramaian agar barang jualannya bisa laku. Tapi akhirnya keadaan membaik setelah ia memamerkan hasil karyanya di Jakarta Convention Center 1999. Sejak saat itu hasil karyanya telah mendapat banyak peminat hingga ia bisa mengikuti pameran Internasional di Shanghai dan Abudabi. Karyanyapun kini juga telah diimpor ke beberapa negara.

4. Nova Muhidir
Satu lagi anak bangsa kreatif yang berhasil mengolah sampah menjadi sesuatu yang bernilai seni. Adalah Ibu Nova Muhidir seorang penggagas serta pengusaha bisnis pengolahan limbah rumah tangga yang diubah menjadi barang-barang yang dapat dijual.


Ibu Nova memulai usahanya pada tahun 2002 berangkat dari hobinya melukis. Pada saat itu Ibu Nova menggunakan kayu sebagai media lukis, puas dengan hasilnya iapun mencoba beberapa barang berupa limbah rumah tangga lainnya untuk media lukisnya. Hasil karyanya ini ternyata mendapat apresiasi yang besar dari masyarakat. Bahkan seiring berkembangnya waktu ia mulai mendapat lebih banyak pengakuan.
Ibu Nova kemudian memutuskan mendirikan gerainya sendiri yang bernama Country Kyra untuk memamerkan hasil karyanya. Hingga kini bahkan buah tangannya telah menembus beberapa pasar Internasional di Benua Asia dan Amerika.

5. I Wayan Sumardana alias Sutawan
Anda mungkin mengenal tokoh ‘Iron Man’? Sosok pahlawan yang dicipitakan dari cerita fiksi ini adalah sejenis robot dengan teknologi canggih. Namun tahukah anda bahwa di Indonesia ternyata juga ada manusia Iron Man? Adalah Bapak I Wayan Sumardana alias Sutawan, seorang penggagas karya yangan robot ini yang berasal dari Bali


Awal mula ini muncul ketika Pak Sutawan mengalami stroke di tangan kirinya sehingga membuatnya sulit untuk mencari nafkah. Pada saat itu Pak Sutawan mulai memutar otak dan mulai membuat tangan robot dengan memanfaatkan barang rongsokan yang ada dimilikinya. Siapa menduga kalau hasil karyanya ini mendapat perhatian dari banyak orang.
Walaupun begitu, tetap saja ada sebagian orang yang meragukan kwalitas temuannya ini. Namun walau begitu Bapak Sutawan tidak patah arang dan masih terus mengembangkan hasil temuannya ini. Tekadnya ini kemudian didukung penuh oleh Gubernur Bali yang ingin membantu Pak Sutawan untuk lebih mengembangkan lagi penemuannya serta juga bersedia menolong pengobatan tangannya yang cedera. Robotnya inipun juga akan diuji oleh pakar ahli teknologi robot. Bila penemuannya terus berkembang dan berhasil, bukan tidak mungkin Pak Sutawan akan menyusul pengerajin lainnya yang sudah memasarkan produknya hingga ke tingkat mancanegara.

Itulah beberapa karya yang dirancang dari kumpulan barang rongsokan namun ternyata berhasil mendapatkan nilai jual yang tinggi hingga ke tingkat Internasional. Pada masa mendatang diharapkan akan lebih banyak lagi pengerajin berprestasi yang terus melakukan inovasi dengan memanfaatkan sampah dan barang-barang bekas.

Sumber: http://www.kaskus.co.id/thread/56cff6fd9a09518b508b4567